Portal Forkim

Baca sambil dengar instrumen:

Dilema Mahasiswa Menghadapi Deadline Tugas yang Begitu Padat

Rizkyanti

24-06-2023

Bagikan di WhatsApp
Dilema Mahasiswa Menghadapi Deadline Tugas yang Begitu Padat

Di penghujung Juni 2023 dimana sebentar lagi semester genap pada sejumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta akan segera usai kemudian berlanjut pada semester ganjil.

Namun nampaknya dunia mahasiswa ataupun dosen di IAIN Parepare sedang tidak baik-baik saja di penghujung semester genap tahun ini.

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh adanya surat keputusan terkait batas akhir penginputan nilai pada semester ini di kompres sampai pada awal bulan Juli, dimana sebelumnya penginputan nilai pada semester genap jauh lebih lama dibandingkan dengan semester ini.

Sebagaimana hukum kausalitas berlaku, dimana ada sebab yang menyebabkan munculnya akibat. Demikian pula dengan kebijakan percepatan penginputan nilai pada semester genap tahun 2022 di lingkungan kampus IAIN Parepare.

Kebijakan percepatan penginputan nilai diduga dilatarbelakangi oleh kebijakan baru yaitu pengadaan semester pendek yang akan dilaksanakan setelah semester genap ini berlalu.

Semester pendek merupakan salah satu kebijakan yang di selenggarakan oleh stake holder terkait yang dibuat khusus untuk mahasiswa yang ingin lulus tepat waktu namun masih terkendala pada nilai yang rendah atau eror.

Semester pendek ini boleh di ikuti oleh setiap mahasiswa yang ingin memperbaiki nilai mereka yang rendah atau eror pada mata kuliah sebelumnya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dengan adanya kebijakan tersebut mengakibatkan sejumlah dosen dan khususnya mahasiswa mengalami dilema dan kewalahan dalam menyelesaikan tugas di setiap mata kuliah yang diambil.

Materi pada mata kuliah yang tertinggal disebabkan oleh banyaknya tanggal merah serta percepatan pengumpulan nilai tak ayal membuat mahasiswa dan dosen kebingungan mengatasinya.

Untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah sejumlah kelas tambahan diluar jam mata kuliah yang ada untuk mengejar ketertinggalan materi agar target penginputan nilai bisa segera selesaikan.

Tugas Menumpuk dengan Deadline yang Padat dan Singkat

Berada dalam situasi yang mungkin cukup menguji kesabaran, mahasiswa membutuhkan sejumlah tips agar seluruh tugas yang ada bisa selesai tepat pada waktunya dengan hasil tugas yang juga memuaskan serta tidak mengecewakan.

Melihat banyaknya mata kuliah dan SKS yang ada, salah satunya pada Program Studi Manajemen Keuangan Syariah semester empat dengan 9 mata kuliah yang terdiri atas 24 SKS. Seolah menunjukkan tanggung jawab besar yang diemban dan perlu untuk di kerjakan oleh mahasiswa dengan usaha yang maksimal serta dengan cara yang efisien dan efektif pula.

Ada beberapa tips yang bisa di terapkan oleh mahasiswa untuk mengatasi dilema yang kini dihadapi.

Pertama, Mahasiswa perlu memperbaiki mindset dan meyakini bahwa Tuhan tidak akan memberikan beban di luar batas kemampuan Manusia.

Dengan meyakini hal tersebut, akan membentuk mindset positif dalam pikiran kamu bahwa kamu pasti mampu mengemban tanggung jawab ini sehingga kamu bisa terus bersyukur dengan tugas yang telah kamu miliki.

Kedua, Mahasiswa perlu memahami arahan dari dosen terkait tugas yang diterima serta menyusun setiap tugas dari setiap mata kuliah berdasarkan deadline atau batas pengumpulan yang ada. 

Ketiga, Setelah menyusun deadline setiap tugas yang ada kamu bisa mulai mengerjakan tugas kamu sesuai dengan deadline yang paling dekat. Kerjakanlah tugas yang ada dengan bersungguh-sungguh dan dengan hati yang ikhlas, sebab mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah.

Dan tips terakhirnya adalah “Jalani, Nikmati, dan Syukuri”, sebab kamu sudah diamanahkan mendapatkan tugas ini artinya kamu mampu. Dan percayalah, tidak semua orang seberuntung kamu yang bisa mengecap manisnya pendidikan dibangku perkuliahan.

Menjalani perkuliahan di umurmu saat ini juga hanya akan terjadi sekali dan takkan terulang lagi, jadi nikmati saja prosesnya.

Manfaat yang Bisa di Petik

Dari pada sibuk mengeluh tanpa pergerakan lebih baik mulai kerjakan tugasmu dan berikan perubahan. Nilai yang sempurna itu baik, tapi lebih baik memberikan proses yang maksimal dalam proses mengerjakan tugasmu.

Dengan adanya kebijakan yang seolah mengejutkan bagi para mahasiswa, ternyata ada dampak positif yang bisa dipetik di baliknya.

Kebijakan tersebut mengajarkan mahasiswa untuk lebih cekatan, bertanggung jawab, kerja keras, bersabar, lebih kritis, dan beragam hal positif lain yang bisa kita terima walaupun mungkin masih banyak mahasiswa yang belum menyadarinya.

Selain itu, kebijakan adanya semester pendek juga bisa menjadi solusi yang semoga solutif bagi mahasiswa yang ingin segera lulus tepat pada waktunya.

Sudahi berkeluh kesah berkepanjangan, sebab keluh kesah tidak akan menyelesaikan masalah. Dilema itu wajar, tapi bermalas-malasan atas dilema yang dialami bukan sebuah wujud kebijaksanaan.

Tetap nikmati proses yang kamu jalani hari ini, semoga prosesnya dilakukan dengan maksimal dan memberikan kebermanfaatan bagi hidupmu dimasa yang akan datang.

Selamat mengerjakan tugas, jangan lupa jaga kesehatan dan fokuslah pada solusi bukan pada masalah. Semoga nilainya memuaskan, dan selamat menyambut hari libur yang panjang dengan hal yang bermanfaat.

Penulis: Celestia

Kolom Pencarian