Portal Forkim

Baca sambil dengar instrumen:

Forkim IAIN Parepare Gelar Bazar dan Bedah Buku Kitab Kuliah Santai

Rizkyanti

28-02-2024

Bagikan di WhatsApp
 Forkim IAIN Parepare Gelar Bazar dan Bedah Buku Kitab Kuliah Santai

Forkim IAIN Parepare - Forum Riset dan Karya Ilmiah Mahasiswa (Forkim) IAIN Parepare menggelar  Bazar dan Bedah Buku berjudul Kitab Kuliah Santai Karya Muh Ilham Jaya yang berlangsung di Pettalolo Cafe and Camp, Jalan Laupe, Bukit Harapan, Kota Parepare, pada Selasa (27/2/2024).

Hadir dalam acara, Penulis sekaligus pemateri Muh Ilham Jaya, S.Pd yang merupakan alumni S1 Program studi Pendidikan Agama Islam IAIN Parepare dengan IPK Sempurna 4.0 pada tahun 2022, serta saat ini juga sementara menempuh pendidikan S2 program Magister dengan fokus ilmu yang sama di IAIN Parepare.

Selain itu, Ilham sapaan akrabnya juga merupakan Mentor di Forkim IAIN Parepare sekaligus pembuat website Forkim IAIN Parepare (https://Forkim.iainpare.ac.id).

Hadir pula pendiri Forkim IAIN Parepare, Nur Jamilah Ambo, S.Akun yang turut membersamai dan memberikan sambutan dalam acara tersebut. Dalam sambutannya ia menyebutkan dan juga menyampaikan bahwa Bedah Buku Kitab Kuliah Santai merupakan buku yang sangat menarik untuk di bahas khususnya bagi kalangan mahasiswa.

Nur Jamilah Ambo juga menyampaikan informasi penting kepada para delegasi Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) IAIN Parepare, delegasi Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas, delegasi DEMA IAIN Parepare, dan sejumlah delegasi dari beberapa organisasi lainnya. "Forkim saat ini membuka peluang kerjasama dengan HMPS maupun hadirin lainnya yang ingin meningkatkan akreditasi program studi (Prodi) salah satunya dari aspek karya tulis ilmiah bisa menjalin kerjasama dengan Forkim IAIN Parepare," ungkapnya.

Sementara itu, Muh Ilham Jaya menjelaskan mengenai gambaran umum dari buku Kitab Kuliah Santai kemudian pada sesi diskusi ia juga menjawab beberapa pertanyaan dari audiens bazar dari delegasi HMPS maupun dari delegasi DEMA IAIN Parepare. Salah satunya mengenai tips Bergerak tapi tetap santai.

"Santai dan malas , keduanya sepupuan tapi memiliki dampak berbeda dan cukup signifikan. Maka dari itu untuk menjadi santai bukan malas salah satu caranya ialah membuat skala prioritas, memahami pola pikir, pola makan, dan pola tidur yang berkualitas, tetap produktif, serta perhatikan  siapa orang-orang yang ada disekitar kita" ungkapnya.

Sedikit gambaran mengenai Buku Kitab Kuliah Santai, Ilham menyebut bahwa buku tersebut merupakan buku pengembangan diri yang dikemas sedemikian rupa yang relevan dengan situasi yang dihadapi oleh mahasiswa agar tetap santai mendalami jenjang perkuliahan.

Beberapa bahasan dalam buku ini: Kuliah Santai dalam Praktikal, Masalah Primordial Umat Manusia Berorganisasi, Perlu atau Tidak?, Bagaimana Memulai Skripsi, Tips Meraih dan Mempertahankan IPK Tinggi, dan masih banyak lagi lainnya.

Penulis: Rizkyanti 

Kolom Pencarian