Portal Forkim

Baca sambil dengar instrumen:

Disabilitas Juga Ingin Didengar

Kurniawan

06-12-2023

Bagikan di WhatsApp
Disabilitas Juga Ingin Didengar

Remaja adalah seseorang yang diharapkan mampu membawa bangsa ini jauh lebih baik kedepannya. Remaja hendaknya memiliki perencanaan dalam kehidupannya serta melewati 5 dimensi yakni, menerapkan pola hidup yang sehat, menempuh pendidikan, mencari pekerjaan, menjadi anggota masyarakat dan menikah.

Namun sebagai seorang remaja hendaknya kita memiliki kepekaan terhadap sekeliling kita khususnya kepada saudara-saudara kita penyandang disabilitas.

Sering kali disabilitas mengalami kasus yang tidak mengenakkan oleh lingkungannya hal ini tentunya hendaknya di sikapi oleh remaja dengan ikut serta dalam menjaga saudara-saudara kita serta menyuarakan aspirasi-aspirasi mereka.

Pemantauan Komnas Perempuan menunjukan bahwa penyandang disabilitas khususnya perempuan dengan disabilitas masih mengalami berbagai bentuk diskriminasi dan kekerasan. Catatan Tahunan (CATAHU) 2023 Komnas Perempuan mencatat sebanyak tujuh puluh sembilan (79) kasus kekerasan terhadap penyandang disabilitas sepanjang tahun 2022, hal ini tentunya membutuhkan keterlibatan remaja yang bermakna dalam menciptakan ruang inklusif serta menyuarakan aspirasi mereka.

Dalam era society 5.0 ini seakan rasa memanusiakan manusia ini nilai-nilainya mulai memudar sejalan dengan arus perkembangan zaman.

Remaja hendaknya memiliki empati terhadap sekelilingnya dalam menyikapi persoalan yang ada serta memiliki kemauan yang kuat dalam mewujudkan impiannya khususnya memiliki rasa ingin menolong sesamanya.

Teman teman kita penyandang disabilitas juga ingin didengar maka suara mereka adalah suara kita juga, oleh karenanya mari menyuarakan aspirasi-aspirasi mereka untuk menciptakan ruang aman dan nyaman bagi mereka.

Sesuai dengan tema Hari Disabilitas Internasional 2023, "United in Action to Rescue and Achieve the Sustainable Development Goals (SDGs) for, with and by Persons with Disabilities". Tema ini menggarisbawahi pentingnya komitmen berbagai pihak untuk memastikan setiap langkah pembangunan bersifat inklusif dan memperhitungkan keberadaan penyandang disabilitas, khususnya perempuan dengan disabilitas. Maka oleh karena itu mari bergerak bersama, berani dalam aksi serta berkolaborasi menuju Indonesia emas 2045.

Kolom Pencarian