Portal Forkim

Baca sambil dengar instrumen:

Evolusi BRIN KSL Parepare: 30 Tahun Melayani, 30 Tahun Berinovasi

Bams (Chronos)

30-09-2023

Bagikan di WhatsApp
Evolusi BRIN KSL Parepare: 30 Tahun Melayani, 30 Tahun Berinovasi

Tidak terasa 30 Tahun sudah Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Kawasan Stasiun Lapangan (KSL) Parepare Mengabdi dan melayani negeri tercinta kita Indonesia. Diresmikan pada tanggal 29 September 1993 oleh Presiden RI Ke 2 yaitu Jenderal Besar H.M. Soeharto atau Pak Harto.

BRIN KSL Parepare merupakan stasiun bumi satelit penginderaan jauh multimisi berstandar internasional. Berada di wilayah administratif yaitu kota Parepare, Sulawesi Selatan. Kini BRIN KSL Parepare telah mengalami banyak perubahan sejak pertama kali beroperasi.

Lembaga ini disebut Lembaga Penerbangan dan Antariksa dan Nasional (Lapan) kemudian berubah menjadi Stasiun Bumi Penginderaan Jauh (SBPJ) Lapan Parepare kemudian terakhir melebur dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional melalui peraturan presiden RI tahun 2021.

BRIN Parepare hadir sebagai unit pengembangan stasiun bumi satelit sumber daya alam yang telah dioperasikan sejak tahun 1984 untuk menerima data satelit Landsat.

Stasiun bumi satelit lingkungan dan cuaca dan Stasiun bumi satelit sumber daya alam juga terus dikembangkan untuk menerima satelit-satelit generasi berikut yang mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan dengan satelit-satelit sebelumnya.

Beberapa contoh Informasi yang telah dihasilkan oleh BRIN KSL Parepare sepanjang perjalanannya seperti hasil pemetaan Lahan hutan dan non-hutan seluruh Indonesia, hasil pemantauan fase pertumbuhan padi, pemetaan sumber daya air, pemetaan objek pajak, zona  penangkapan ikan, pemetaan kerapatan mangrove, citra komposit dan kenampakan objek terumbu karang, pemantauan wilayah banjir, pemantauan wilayah berpotensi kebakaran, pemetaan informasi titik panas serta sebaran kabut asap dan area terbakar, pemetaan tingkat kekeringan lahan, pengamatan kejadian erupsi vulkanik pada gunung berapi, dan hasil pengolahan citra satelit untuk tanggap darurat bencana.

BRIN KSL Parepare juga telah banyak berkontribusi di bidang Pendidikan khususnya dalam memberikan pelayanan wisata edukasi dan praktik pengalaman kerja  baik untuk Siswa-siswi maupun bagi mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pengalaman panjang Lapan dalam pengoperasian stasiun bumi, telah memberikan kapasitas kemampuan penguasaan pengembangan stasiun bumi dan pengoperasiannya secara mandiri dan menjadi bekal dalam pengembangan sistem stasiun bumi untuk dapat senantiasa secara terus menerus menjamin ketersediaan data satelit penginderaan jauh dari berbagai  satelit generasi yang terbaru yang diperlukan berbagai sektor-sektor pembangunan.

Pada tanggal 29 September kemarin tepat 30 tahun sudah BRIN KSL Parepare beroperasi Harapan kedepannya bagi  BRIN Parepare yaitu terus menjadi pusat pengembangan teknologi dan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan bangsa dan masyarakat. Selain itu terus berkontribusi pada pendidikan tinggi dan pelatihan profesional dalam bidang antariksa, penginderaan jauh, dan ilmu pengetahuan.

Kolom Pencarian