Portal Forkim

Baca sambil dengar instrumen:

Anggota Forkim Juara 2 LKTI Nasional POSKIMNA 2023 DEMA-I IAIN Parepare

Rzk/Why

12-08-2023

Bagikan di WhatsApp
Anggota Forkim Juara 2 LKTI Nasional POSKIMNA 2023 DEMA-I IAIN Parepare

Forkim IAIN Parepare - Koordinator Divisi Diseminasi dan Jaringan Forum Riset dan Karya Ilmiah Mahasiswa (Forkim) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Awal Saputra berhasil menyabet juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional Pekan Olahraga, Seni, Karya Ilmiah dan Agama (POSKIMNA) 2023 yang diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa institut (DEMA-I) IAIN Parepare.

POSKIMNA  sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan DEMA-I IAIN Parepare yang setiap tahunnya diadakan dengan nama dan konsep kegiatan yang berbeda. 

POSKIMNA 2023 ini terbagi dalam empat cabang lomba yaitu olahraga, seni, karya ilmiah, dan agama. Cabang Lomba Karya Ilmiah terbagi dalam 3 lomba yakni KTI, Sharia Business Plan (SBP) dan Orasi Ilmiah. Awal Saputra awal mewakili kontingen Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. 

"Saya dari team kontingen FUAD, secara individu tapi LKTI ini bisa  per team yaitu sebanyak 3 orang namun saya memilih untuk individu karena satu team saya sakit sebelum pendaftaran dan pengerjaan naskah," ungkap Awal. 

Dalam LKTI POSKIMNA 2023 terdapat 2 tahap seleksi dengan 3 naskah terbaik memasuki sesi presentasi secara offline di Aula Serbaguna IAIN Parepare. Selain itu ada  2 opsi tema yang bisa dipilih oleh peserta LKTI yaitu "Peran Gen Z dalam Mengaktualisasikan Nilai-nilai Moderasi Beragama di Era 5.0" dan  "Urgensi Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi Masa Kini".

Awal Saputra memilih opsi tema pertama dengan mengangkat judul "Google Adwords sebagai Media Penyebaran Nilai-nilai Moderasi Beragama di Era Society 5.0".

Awal mengatakan, pencapaian sebagai juara 2 tentunya tidak lepas dari dukungan sejumlah pihak. Baik dari orang tua, Mentor Forkim, serta teman-teman dari Dema FUAD.

"Tentunya support dari orang tua dan para mentor dari Forkim seperti Kak Wahyu dan kak Ilham sangat membantu serta teman-teman dari DEMA FUAD itu sendiri yang telah menjadi mentor sekaligus support dalam setiap pelaksanaan perlombaan kegiatan LKTI poskimna nasional berlangsung," kata Awal.

Awal mengaku senang atas pencapaian ini, serta dapat belajar banyak hal yang bisa menjadi bahan evaluasi untuk persiapan lomba berikutnya.

Ia juga berharap, perolehan juara ini dapat memotivasi teman-teman yang lain baik dari Forkim, mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah maupun bagi seluruh mahasiswa lainnya. 

"Harapan saya  semoga dengan perolehan juara ini teman-teman dari Forkim, mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah  maupun bagi mahasiswa secara umum semoga jiwa dan semangatnya bisa terus bangkit untuk mengikuti setiap ajang lomba baik itu dalam kampus ataupun diluar kampus," ujar Awal. (rzk/why)

Kolom Pencarian